Pulot Ketan Bakar Khas Aceh

Gambar Untuk Pulot Ketan Bakar
Pulot Ketan Bakar Khas Aceh/ Source Instagram: Kulineratjeh
Beralih ke Provinsi Aceh, kali ini kita akan bahas makanan khas Aceh yang satu ini yaitu Pulot Ketan Bakar yang juga tak kalah enak dari kuliner nusantara lainnya.

Sesuai dengan namanya, makanan ini terbuat dari beras ketan yang dibakar bersama dengan daun pandan sehingga memiliki cita rasa yang khas, selain itu juga terdapat campuran santan kelapa di dalam pulut bakar ini sehingga rasanya tentu saja gurih.

Pulut ketan bakar bisa menjadi menu sarapan sobat blogger di pagi hari sambil menikmati hangatnya pulut bakar ini, apalagi isiannya yang sangat nikmat seperti irisan daging ikan tongkol yang telah ditumis sebelumnya.

Pulot ketan bakar menggunakan daun rap sebagai pembungkusnya dan dibakar menggunakan arang agar rasanya tetap terjaga dan aroma hasil pembakaranya lebih terasa.

Jika sobat blogger ingin mencoba mencicipi Pulot ketan bakar bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Bahannya yaitu Beras ketan, daun pandan, santan kelapa garam dan daun rap. Untuk isiannya mennggunakan bahan santan, daun kemangi, ikan tongkol, minyak goreng, kunyit dan daun jerut purut, cabe rawit, kemiri, merica dan bawang putih.
Baca Juga: Minuman Bandrek Khas Jawa Barat
Cara membuatnya yaitu rebus santan dan masukkan beras ketan yang telah direndam sebelumnya bersama daun pandan dan tambahkan garam, setelah itu kukus beras ketan yang telah dimasak bersama santan kelapa. Buat isian beras ketan dengan menghaluskan bahan-bahan seperti daun kemangi, kunyit, jeruk purut, cabe rawit, kemiri, bawang putih dan merica bubuk lalu tumis bersama irisan ikan tongkol. Ambil daun rap dan isi dengan ketan lalu tambahkan isian dan lipat daun rap hingga menutupi ketan tadi, setelah itu bakar di atas tungku api.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba?

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »