Barongko Kuliner yang Lembut dari Sulawesi Selatan

Gambar Untuk Barongko
Kuliner Sulawesi Selatan, Barongko
Sulawesi Selatan terkenal akan kulinernya yang enak-enak mulai dari makanan yang berat hingga makanan ringan, Sulawesi Selatan juga mempunyai dessert tradisional yaitu barongko yang memiliki cita rasa manis dan lembut yang cocok dijadikan sebagai makanan penutup.

Untuk bahan utamanya menggunakan pisang yang telah matang, seperti yang kita ketahui Sulsel terkenal akan kulinernya yang kebanyakan terbuat dari pisang, inilah yang menjadikan salah satu ciri khas kuliner Makassar, penutup barongko menggunakan bagian dari pohon pisang yaitu daunnya yang menjadikan rasanya memiliki aroma yang khas.

Cara menikmati barongko juga beragam ada yang suka menyantapnya dalam keadaan hangat ada juga yang senang menikmatinya dalam keadaan dingin, saya sendiri lebih suka menyantap barongko dalam keadaan dingin, apalagi jika baru dikeluarkan dari lemari es.

Untuk sobat blogger yang penasaran bagaimana cara membuat kue khas Sulsel yang satu ini bisa mencobanya di runah, bahannya cukup mudah ditemukan seperti daun pisang, pisang kepok matang, telur, gula pasir dan santan kemudian campur bahan bahan tadi hingga halus kemudian persiapakan cetakan yang terbuat dari daun pisang kemudian isi adonan tadi ke dalam daun hingga setengah penuh lalu tusuk dengan tusuk gigi agar cetakannya tidak terlepas.
Lihat Juga: Bandrek, Minuman Khas Jawa Barat
Kuliner barongko dulunya menjadi makanan mewah para raja di Sulawesi Selatan, namun kini kita sudah bisa menyantapnya di mana saja bahkan sudah banyak rumah makan dan restaurant yang menyajikan makanan tradisional ini.





Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments
June 24, 2019 at 8:29 PM delete

terima kasih atas informasinya, bisa juga mampir ke artikel mengenai pinjaman cepat jika berkenan. terima kasih banyak

Reply
avatar