Kuliner Bika Ambon Khas Medan

Gambar Untuk Bika Ambon
Bika Ambon
Pasti sudah banyak dari sobat blogger yang mengetahui kue Bika ambon ini, walaupun namanya bika ambon namun kue ini bukan berasal dari Ambon. Bika Ambon merupakan panganan khas Medan ssumatera utara dan merupakan oleh-oleh yang wajib dibawa pulang ketika berkunjung ke kota ini.

Menurut info yang saya dapatkan nama bika ambon didapat dari tempat pertama kali kue ini di jual yaitu di Jl Ambon-Sei Kera Kota Medan.

Jika dilihat dari luar teksturnya dan bentuknya hampir mirip martabak manis namun yang membedakan bika ambon tidak menggunakan toping.

Bika ambon paling nikmat disantap bersama dengan teh hangat kenyal dan manis kue bika ambon menyatu menjadi satu, di kota asalnya Bika ambon dijual dengan harga Rp80.000-Rp90.000 dan toko yang paling terkenal yaitu Zulaikha bika Ambon yang tak pernah sepi pelanggan apalagi jika mendekati hari raya besar.

Seiring perkembangan jaman kini bika ambon telah dimodifikasi dengan berbagai tambahan rasa seperti pandang, cokelat dan juga durian, namun dari ketiga rasa di atas tentu sobat blogger lah yang dapat memilih sesuai selera.
Baca Juga: Nikamatnya Sop Saudara Khas Pangkep Sulsel
Sobat blogger juga bisa mencoba membuat bika ambon di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan, berdasarkan info yang saya dapat berikut bahan-bahan membuat bika ambon yaitu Tepung sagu, gula pasir, telur kuning, ragi, tepung terigu, Air hangat santan, daun pandan dan serai. Cukup mudah bukan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »