Lawa Jantung Pisang Makanan Khas Palopo

Foto Lawa Jantung Pisang
Lawa Jantung Pisang
Warga Sulawesi Selatan terutama bagian Luwu dan Palopo pasti mengenal makanan tradisional yang satu ini, lawa merupakan makanan yang terbuat dari sayur-sayuran mentah dicampur dengan udang rebon yang masih mentah, dan ditambahkan perasan jeruk nipis, lawa juga dicampur dengan parutan kelapa yang telah disangrai yang menjadikan rasanya menjadi gurih, inilah yang membedakan antara lawa Palopo dan urap yang berasal dari Jawa.

Mengapa rasa lawa palopo tidak amis padahal menggunakan udang dan ikan mentah? ini disebabkan tambahan perasan jeruk limau pasturi yang bisa menetralkan bau amis, selain itu juga diberi sedikit tambahan garam, apalagi jika ditambahkan rawit dan dicampur bersama lawa maka rasanya akan lebih enak lagi.

Selain menggunakan bahan jantung pisang, biasanya warga sulawesi menggunnakan sayur pakis sebagai bahan membuat lawa dan rasanya tentu saja sama-sama enak, perbedaannya hanya terletak pada warnanya dan biasanya menggunakan kelapa parut yang tidak disangrai.

Lawa paling pas dinikmati bersama kapurung dan dange sagu yang juga makanan khas Palopo maupun Luwu, jika sobat blogger terbiasa makan nasi bisa mencoba menikmati lawa dengan nasi panas.
Baca Juga : Kuliner Gudeg Jogja
Tertarik untuk mencicipi Lawa? di Kota Makassar banyak warung yang menyajikan makanan khas palopo, salah satunya aroma luwu dan aroma palopo adalah warung yang terkenal di Makassar menyajikan makanan khas Palopo seperti parede, kapurung, dange dan pocco. Alamat rumah makan aroma luwu terletak di jl. Sultan Alauddin No.137.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »