Sate Pencok Kuliner Khas Lombok

Gambar Untuk Sate Pencok
Sate Pencok/ Source Instagram: kulinerlombok
Jika biasanya sate terbuat dari daging sapi, berbeda dengan sate pencok khas Lombok yang terbuat dari bahan utama tepung sagu yang  dibentuk kotak-kotak, namun sate pencok juga biasa terbuat dari kulit sapi yang dibentuk padat-padat. Rasanya tentu hampir mirip karena sama-sama bertekstur kenyal.

Ciri khas lainnya yang bisa ditemukan pada sate pencok yaitu siraman bumbu pelalah nya yang rasanya pedas-pedas nikmat, tak berhenti sampai di situ, sate pencok juga disajikan bersama bihun plecing, dan juga lubis sebagai pelengkap sate pencok ini sehingga dijamin perut akan terasa kenyang lebih lama.

Jika sobat blogger penasaran ingin membuat sate pencok berikut caranya yaitu pertama siapkan tepung kanji lalu masak dan bentuk kotak-kotak, setelah itu tusuk menggunakan batang bambu yang telah dipotong-potong, lalu siapakan alat pembakaran dan bakar sate pencok yang telah disiapkan tadi. Untuk bumbu pelalah siapkan cabe,bawang putih, bawang merah, laos, kencur, jahe, kemiri, merica, daun salam dan sereh, serta air santan secukupnya. haluskan bumbu tadi lalu masak hingga mendidih dan siram ke sate pencok yang telah dibakar.
Baca Juga: Gurih dan Nikmatnya Kerak Telor Khas Jakarta
Sate pencok ini tidak dijual secara khusus di tempat asalnya, melainkan dijual keliling oleh ibu-ibu yang biasa menjajakan sate pencok ini di rumah-rumah warga.

Bagaimana, tertarik mencoba sate pencok? apalagi dengan bahannya yang mudah di dapat...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments
June 13, 2019 at 8:08 PM delete

terima kasih atas informasinya kulinernya, bisa juga cek artikel mengenai kartu pra kerja jika berkenan.

Reply
avatar