Sensasi Nasu Palekko Pedas

tambahwawasanapasaja.blogspot.com
Pertama kali mencicipi makanan ini membuat lidah saya seperti terbakar, yap Nasu Palekko merupakan makanan khas bugis, hampir semua warga Sulsel pernah mencicipi masakan ini termasuk saya sendiri, pedasnya cabe rawit kecil dan merica bercampur menjadi satu ketika pertama kali mencoba.

Nasu palekko terbuat dari daging itik yang dipotong kecil lalu dimasak dengan bumbu halus hingga airnya habis, dengan begitu bumbu akan meresap sempurn ke dalam daging itik, kebetulan di kampung saya Sengkang, sulawesi selatan keluarga biasa membuat masakan ini ketika ada acara keluarga, walaupun tidak sepopuler sop saudara dan coto tapi rasa bisa diadu.

Sudah banyak warung di Makassar yang menjual makanan ini, hampir ditemukan di setiap sudut kota, apalagi jika di daerah asalnya seperti di Pinrang, wajo, sidrap hampir semua warga menyajikan masakan ini, harganya juga bervariasi tapi tak akan membuat kantong jebol.

Proses masaknya yang pernah saya lihat, nasu palekko dimasak di atas tungku tradisinonal agar cita rasanya tidak berubah, selain itu itik yang telah dipotong harus segera diolah menjadi palekko agar tahan lama, nasu palekko paling enak disantap bersama nasi panas dan juga buras.

Sobat blogger bisa membuat nasu palekko di rumah jika mau mencoba, berikut saya kasi info cara membuat nasu palekko dari informasi yang saya tanyakan langsung sama pembuatnya

Bahan :
Itik yang masih berusia muda
Cabe rawit sesuai selera
Bawang merah
Merica
Garam halus
Penyedap rasa
Lengkuas
Daun salam

Cara membuat :
Cuci itik dan pisahkan kulit dari dagingnya, potong-potong menjadi bagian kecil
Lumuri daging itik dengan garam dan penyedap rasa, lalu aduk hingga tercampur
Haluskan Bawang merah, cabe rawit dan  Lengkuas
Panaskan minyak goreng
Masukkan bumbu halus lalu tuang itik dan tambahkan merica.
Beri sedikit air dan tambahkan daun salam
Tunggu hingga air di wajan berkurang dan tutup wajan
Nasu palekko siap disajikan



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »