Keistimewaan Danau Matano Luwu Timur

Foto Danau Matano
Danau matano Luwu Timur
Sulawesi Selatan mempunyai banyak danau dengan keunikannya masing-masing, seperti danau tempe, danau towoti dan ada juga danau yang terkenal di Sulawesi Selatan yaitu Danau Matano yang terkenal dengan predikatnya sebagai danau terdalam di Asia Tenggara.

Danau dengan luas 16.000 hektar dan kedalaman 600 m ini terletak di Sorowako, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur. Danau ini memiliki panorama pemandangan yang indah karena dikelilingi oleh perbukitan dan gunung, selain itu air danau Matano sangat jernih sehingga kita bisa melihat langsung ikan-ikan yang sedang berenang di danau ini.

Terdapat salah satu tempat yang bisa dikunjungi yaitu Gua yang berada di sekitar danau yang menyimpan beberapa peninggalan masa lampau seperti alat memasak yang terbuat dari kuningan, selain itu juga terdapat alat berburu seperti tombak dan senjata tajam lainnya, ada juga salah satu gua yang berisikan sisa tengkorak manusia, gua ini juga dihuni oleh banyak kalelawar yang sedang tidur siang.

Selain Danau Tempe yang memiliki ikan khas endemik, Danau Matano juga mempunyai hewan endemik yang terkenal, yaitu ikan Buttini yang termasuk jenis hewan komsumsi, para wisatawan biasanya mencari ikan ini karena mempunyai warna dan bentuk yang unik. Ikan Buttini hanya bisa hidup di perairan Danau Matano sehingga tidak bisa dipelihara di tempat lain.

Cara menuju lokasi danau matano cukup mudah karena telah tersedianya sarana transportasi umu seperti Bus dan Pesawat, jika sobat blogger berangkat dari Makassar bisa langsung mengambil Bus Tujuan Sorowako dengan waktu tempuh sekitar 10 jam, untuk akses dengan menggunkan peswat saya kurang tahu, setelah sampai di Sorowako perjalanan dilanjutkan dengan melewati Pabrik di Kota Sorowako yaitu PT. Inco, setelah sampai di dermaga perjalanan dilanjutkan menuju Nuha dengan menggunakan perahu.
Baca Juga : Wisata Bukit Teletubbies Luwuk Banggai Sulteng
Fasilitas di Danau Matano sudah sangat lengkap seperti Toilet, Restaurant, Taman bermain anak Gazebo dan Bunggalow, selain itu juga terdapat wahana permainan air seperti banana boat, Jet Ski, dan kayak.





Share this

Related Posts

Previous
Next Post »