Wisata Pulau Liukang Tanjung Bira Bulukumba

Foto untuk pulau Liukang
pulau Liukang a.k.a pulau penyu
Pulau Liukang atau orang juga mengenalnya dengan sebutan pulau penyu merupakan pulau yang terletak berseberangan dengan Pantai Tanjung Bira. Pulau Liukang menjadi salah satu tujuan wisata para wisatawan yang datang ke Kabupaten Bulukumba. Di pulau ini sobat blogger bisa melihat banyak penyu yang dikembangbiakkan di sekitar pulau ini.

Pulau Liukang menjadi tempat berkembang biak para penyu yang sekaligus menjadi tempat pengangkaran penyu, tempat ini masih sangat alami dan bersih karena belum terlalu sering dijamah oleh tangan jahil manusia. Air lautnya masih bersih sehingga sangat cocok untuk diving dan snorkeling, pasir pantainya juga sangat bersih hampir tak ada sampah yang terlihat berserakan di tempat ini.

Jika ingin melihat penyu secara langsung atau bahkan berenang bersama bisa mencoba datang ke pengangkarannya. Di tempat penangkaran ini sobat blogger bisa langsung turun untuk berenang bersama penyu, bahkan penyu di sini sangat dekat dengan manusia, mereka akan langsung menghampiri pengunjung yang baru turun ke penangkaran. Untuk biaya masuk ke penangkaran cukup terjangkau hanya Rp15.000 sobat blogger sudah bisa berinteraksi dengan penyu.

Jika perut terasa keroncongan jangan khawatir karena di pulau liukang banyak restaurant yang menyajikan menu makanan seafood yang segar-segar karena bahan makanannya langsung diambil dari keramba sehingga rasa makanannya sangat enak. Harga makanan di sini bervariasi mulai dari Rp40.000 hingga Rp500.000.

Tertarik untuk mengunjungi Pulau ini? sobat blogger bisa langsung datang ke Kabupaten Bulukumba yang dapat ditempuh selama 4 jam perjalanan dari Kota Makassar, setelah sampai di Tanjung Bira bulukumba perjalanan dilanjutkan menuju Pulau Liukang selama 10 menit dengan jarak 1 km dari Tanjung bira, untuk transportasi bisa menggunakan Speedboat maupun kapal jolloro (perahu tradisional) dengan membayar sewa Rp250.000-Rp500.000 tergantung dari cara sobat blogger menawar :)
Baca Juga : Berkunjung ke Bendungan BIli-bili Sulsel
Jangan lupa untuk menyiapkan kamera karena banyaknya spot foto menarik yang bisa dijadikan tempat berfoto mulai dari pesisir pantai pulau Liukang, keramba penyu hingga di restaurant juga bisa menjadi spot foto yang keren, namun jika ingin berfoto bersama penyu sebaiknya berhati-hati agar penyunya tidak stres.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »