Sate Klatak Khas Jogja Maknyos

Gambar Sate Klatak
sate klatak khas dari Yogkyakarta
Apa yang terlintas di pikiran sobat blogger saat mendengar sate klatak, saya sendiri mengira sate ini terbuat dari katak tapi ternyata setelah saya cari tahu, sate klatak ternyata terbuat dari daging kambing wkwk. Sate klatak mempunyai keunikan tersendiri dari sate yang lain, berbeda dengan Sate Padang yang telah saya bahas sebelumnya, sate klatak tidak menggunakan bumbu kacang maupun bumbu lainnya melainkan hanya memakai bumbu garam saja dan dibakar dengan menggunakan besi.

Asal-usul nama sate ini berasal dari bunyi khas yang terdengar ketika sate ini dibakar yaitu mengeluarkan bunyi "kretek-kretek", namun ada juga yang mengatakan asal nama sate klatak ini berasal dari bunyi daun melinjo yang berjatuhan tepat di sekitar warung Mba Ambyah ketika pertama kali berjualan sate klatak.

Sate klatak biasanya disajikan bersama timun, tomat segar dan kol yang telah dipotong, ada juga warung sate klatak yang masih menggunakan besi sebagai tusuk sate, tujuannya agar daging kambing matang hingga ke bagian dalam karena besi dikenal dapat menghantarkan panas dengan baik.

Dibalik bumbunya yang sederhana ternyata rasa sate klatak sangat enak dan gurih apalagi dimakan bersamaan dengan timun dan kawan-kawannya, dagingnya juga sangat lembut dan tidak berbau sama sekali.
Baca  Juga: Gurih Pindang Patin Enak Khas Palembang
Jika sobat blogger ingin membuatnya sendiri di rumah juga bisa karena bahan-bahannya sangat mudah didapat, bahan untuk membuat sate klatak yaitu Kambing muda, bawang putih yang telah dihaluskan, bawang merah halus, jeruk limo dan tentunya garam. Untuk pelengkapnya bisa menggunakan kol, tomat dan timun.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »