Bubur Jagung Bassang Makassar

tambahwawasanapasaja.blogspot.co.id
Coba makanan khas Makassar yang satu ini yaitu bubur bassang, warga Makassar biasa menyantapnya di pagi hari sebagai menu sarapan keluarga, hangat manisnya Bubur bassang bisa menambah selera makan pagi sobat blogger.

Jika mencari Bubur khas Makassar yang satu ini biasanya penjual bassang akan berkeliling di pagi hari ke permukiman warga untuk menjajakan bubur bassang ini, namun sekaraang penjual bassang yang berkeliling sudah semakin langka dan jarang ditemukan hanya di daerah Makassar tertentu saja kita bisa menemukan Daeng yang menjual bubur ini.

Bassang terbuat dari Biji jagung pulut yang telah dikupas kulitnya dan direndam semalaman untuk mendapatkan tekstur jagung yang lembut, jagung yang dipilih bukan jagung yang masih berusia muda, tapi jagung yang telah tua karena dari segi ukuran dan rasa sudah cocok dijadikan Bubur bassang. Meskipun terbuat dari jagung pulut tapi rasanya tak kalah dengan jagung manis jika sudah direndam, jagung pulut yang telah direndam teksturnya akan lebih lembut.
Baca juga: Es poteng Makassar

Untuk membuatnya cukup mudah, biji Jagung pulut yang telah direndam semalaman direbus hingga airnya berkurang, setelah itu ditambahkan santan dan daun pandan dan dimasak hingga mendidih dan disajikan selagi masih hangat. harum daun pandan dan gurihnya santan membuat rasa bubur bassang semakin nikmat, untuk tambahannya bisa dicampur dengan gula pasir agar manis, sekarang banyak bubur bassang yang ditambahkan beberapa variasi seperti Milo,keju dan palm sugar agar lebih modern.

Jika malas membuat, sobat blogger juga bisa membelinya di penjual-penjual yang berkeliling di rumah-rumah warga atau membelinya langsung di pinggir jalan di Makassar, harganya sendiri mulaai dari Rp.5000-Rp.10.000 tergantung variasi bassang yang dipilih, namun saya lebih suka yang pakai gula pasir.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »