Menelusuri Air Terjun Kembar Batu Barae Sinjai

tambahwawasanapasaja.blogspot.com
Berkunjung ke Kabupaten Sinjai jangan lupa untuk datang ke Air Terjun Kembar yang terletak di desa Barambang, kecamatan sinjai borong. Tempat wisata ini menjadi andalan baru kabupaten sinjai selain wisata mangrove yang akan kita bahas di postingan selanjutnya.

Airnya yang dingin dan dikelilingi tebing batu yang menjulang tinggi menambah keindahan air terjun ini. Dari sisi historisya lokasi air terjun ini yang bernama Batu barae berasal dari bahasa Makassar yang berarti kandang binatang yang terbuat dari batu, konon katanya tempat ini merupakan kandang dari seekor kerbau yang sangat besar.

Jarak tempuh dari kota Sinjai ke Air terjun batu barae sekitar 40 km, bisa diakses menggunakan sepeda motor maupun mobil dengan membayar biaya masuk yang cukup terjangkau yaitu Rp2500 saja untuk menikmati keindahan alam air terjun ini.

Sesuai dengan namanya terdapat dua air terjun di sini dengan jarak antar air terjun satu dengan yang kedua 60 meter, selain itu juga terdapat 1000 anak tangga di air terjun ini yang berada di tengah-tengah dari kedua air terjun yang menuju kolam permandian, selain itu juga terdapat gazebo sebagai tempat istirahat dan makan hanya saja tempatnya kurang terawat, karena terletak di ketinggian 800 mdpl menjadikan tempat ini berkabut di pagi hari dan suhunya berkisar 21 derajat celcius.
Baca Juga :Wisata celebes canyon Barru
Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di air terjun batu barae seperti outbound, panjat tebing, wisata agro dan pengunjung juga bisa mendirikan camp di tempat ini. Jika ingin menginap juga terdapat villa-villa yang telah disediakan, dan juga terdapat satu menu kuliner yang wajib dicoba yaitu nasi lemang, sama seperti lemang yang ada di Jawa, yaitu beras ketan yang telah diberi santan dimasukkan ke dalam bambu dan dimasak di atas pembakaran tradisional, tentu saja rasanya sangat enak karena diolah secara tradisional apalagi jika dimakan bersama dengan ikan asin. Di  sekitar air terjun pengunjung bisa melihat aktivitas warga yang sedang bertani dan berkebun, pemandangan yang jarang di lihat di kota.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »