Ikan Masak Pallu Mara Khas Makassar

tambahwawasanapasaja.blogspot.com
Kuliner Makassar tak ada habisnya untuk dibahas, Pallu Mara merupakan makanan khas Sulsel yang terbuat dari ikan laut yang merupakan bahan utama dan kuahnya terbuat dari kunyit dan asam jawa. Pertama kali mencoba makanan ini terasa asam dan segar dari ikannya akan menambah selera makan sobat blogger.

Jenis ikan yang digunakan untuk membuat pallu mara berbagai macam, bisa dari ikan tuna, mairo, kakap putih, baronang, maupun cakalang. Untuk menghilangkan bau amis ikannya bisa dilumuri dengan jeruk nipis terlebih dahulu dan pakai ikan yang tekstur dagingnya masih elastis. Pasangan yang pas dengan pallu mara ini adalah nasi putih panas yang disiram dengan kuah segar dari pallu mara.

Banyak warung makan di Makassar yang menyajikan menu yang satu ini dan yang paling terkenal yaitu warung pallu mara mappanyuki harganya Rp.25.000 sudah sobat blogger sudah mendapat satu porsi pallu mara kepala ikan dan ditambah nasi panas seharga Rp.4.000 sobat blogger sudah bisa mencicipi makanan segar yang satu ini. Selain warung mappanyuki juga terdapa warung lain yang cukup terkenal yaitu rumah makan ulu juku atau dalam bahasa indonesianya yaitu kepala ikan. rumah makan ulu juku terletak di jl. Racing center, harganya juga hampir mirip dengan warung mappanyuki tapi untuk rasa tergantung dari pilihan sobat blogger.
Baca juga : Minuma Es Poteng Makassar
Selain dijual di rumah makan sobat blogger juga bisa mencoba membuat sendiri di rumah jika tidak ingin jauh-jauh ke Makassar, caranya cukup mudah
Bahan :
Ikan Tuna segar 
Bawang putih secukupnya
Bawang merah
1/2 jeruk nipis
Cabe Rawit
1/2 sdt garam
Kunyit bubuk
penyedap
Asam jawa jika tidak ada bisa menggunakan asam mangga dan patikala.
Air secukupnya sesuaikan dengan porsi yang dibuat

Cara membuat :
Bersihkan ikan dan lumuri dengan jeruk nipis
siapkan wajan dan tumis bawang putih, bawang merah dan masukkan air
Masukkan kunyit bubuk,perasan air asam jawa dan ikan ke dalam wajan
Tunggu hingga mendidih dan tambahkan penyedap dan garam
Setelah masak tambahkan rawit secukupnya

Cukup mudah untuk membuat masakan pallu mara jika ingin tambahan rasa pedas tinggal pencet rawit di dalam nasi panas hingga bijinya keluar dan tuangkan kuahnya maka rasanya pasti akan lebih segar.

nantikan kuliner selanjutnya yang akan saya bahas.. wassalam

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »