Rasa Es Pisang Ijo Makassar

tambahawasanapasaja.blogspot.co.id
Sebagian orang Indonesia pasti pernah mencoba minuman yang satu ini, Es Pisang Ijo Makassar merupakan minuman favorite di makassar selain Es campur dan minuman lainnya, apalagi pada waktu bulan puasa banyak orang mencari minuman ini sebagai takjil saat berbuka, karena rasanya yang manis dan segar ditambah dengan taburan Es batu. Banyak juga Warga Makassar yang mencari minuman ini di siang hari, selain segar juga bisa untuk mengganjal perut karena mengandung kalori yang cukup tinggi.
Baca Juga: Coba Pallu Butung dari Makassar
Hampir mirip dengan pallu butung yang sudah pernah kita bahas sebelumnya Es Pisang Ijo juga menggunakan Bahan pisang sebagai bahan utamanya. Perbedaan hanya terletak pada bagian lapisan Pisang yang terbuat dari adonan tepung beras,pewarna makanan hijau,air yang telah dicampur lalu diaduk hingga kalis lalu dijadikan kulit untuk membungkus pisang, selain di Makassar, sudah banyak warung yang menjual Es pisang Ijo ini di luar Makassar khusunya di Jakarta, harganya pun bervariasi mulai Rp.10.000-Rp.20.000 tergantung ukurannya.

Namun jika ingin membuatnya sendiri,bisa dicoba di rumah anda karena bahannya sangat mudah, cukup siapkan:

Bahan:

Pisang raja secukupnya
Tepung sagu sesuaikan dengan jumlah pisang yang diinginkan
Tepung beras
Pewarna Makanan hijau, cukup taruh beberapa tetes di adonan
Air secukupnya
2 lembar daun pandan untuk menambah aroma

Cara Membuat:

>Tuangkan pewarna makanan ke dalam tepung beras dan air lalu aduk hingga rata
>Masak adonan sambil tuang tepung sau secara perlahan hingga mengental dan kalis
>Angkat adonan lalu bentuk bulat dan ratakan seukuran pisang raja
>Masukkan pisang ke dalam adonan yang sudah dibentuk lalu bungkus.
>Rebus hingga matang
>Masukkan pisang ke dalam wadah, taburkan Es batu, sirup pisang ambon/DHT, tambahkan mutiara.
>Siap disajikan

Membuat Es Pisang Ijo sangat mudah, cukup menyediakan bahan-bahan yang mudah didapat dan tentu harganya murah, selain menggunakan pisang raja, bisa juga menggunakan pisang kepok, jika bosan dengan tampilan pisang ijo yang itu-itu saja, bisa tambahkan berbagai macam hiasan untuk mempercantik tampilannya, asal jangan sampai merusak rasanya yang khas, selain dengan membuat di rumah lebih aman, sobat blogger juga sudah bisa mengetahui kualitas bahannya, selain pisang ijo banyak juga makanan dan minuman lain yang akan kita bahas.








Share this

Related Posts

Previous
Next Post »