Menikmati Pesona Gunung Nona Enrekang

tambahwawasanapasaja.blogspot.co.id

Sulawesi Selatan mempunyai tempat yang sangat indah untuk dikunjungi, salah satunya Gunung Nona yang berada di Enrekang Sulawesi Selatan, berjarak sekitar 60 km dari Toraja yang sebelumnya kita bahas. Enrekang berada di antara kabupaten Toraja dan Pinrang. Jika berangkat dari Makassar akan memakan waktu selama 4 jam dengan jarak sekitar 200 km.

Gunung Nona berada di kecamatan Anggeraja dan berjarak 16 km dari kota Enrekang, Selain dikenal dengan nama Gunung Nona, Gunung ini juga disebut Gunung Buntu Kabobong. Disekitar gunung nona ini banyak tersedia Kafe dan warung makan yang menyediakan minuman dan makanan, sobat blogger bisa menikmati makakan dan minuman sambil menikmati keindahan Gunung Nona tentunya.

Mungkin ada dari sobat blogger yang belum mengetahui mengapa disebut Gunung Nona? disebut Gunung Nona dikarenakan bentuk dari gunung ini menyerupai bentuk kelamin wanita (Jangan dibayangkan hahaha),Warna Hijau muda dari Gunung Nona menambah keindahannya, cocok untuk sobat blogger yang ingin melepas penat setelah seharian menghabiskan waktu di kota.

Selain alamnya yang indah Gunung Nona juga mempunyai kisah sejarah, konon dahulu ada seorang putri raja Soppeng yang tidak senang dengan pernikahannya karena dijodohkan dengan seorang pria yang tidak dikenalnya, lelaki itu merupakan seorang putra kerajaan suppa. Hingga sang putri melarikan diri dari tempatnya hingga sampai ke sebuah desa yang bernama Anggeraja dan bertemu dengan seorang Pria yang bernama Tandu Matarunna Enrekang Laki Barakkanna Puang.

Hingga sang putri ditemukan oleh suruhan ayahnya dan tubuh sang putri ditebas oleh pasukan ayahnya yang tidak memenuhi janjinya untuk membawa sang putri dalam keadaan hidup, tubuh sang putri terbelah dua dan menjadi Gunung Buntu Kabobong dan belahan yang lainnya dari pusar ke kepala hanyut di sungai Mata Allo.

Selain wisatawan lokal, wisattawan mancanegara juga banyak yang mengunjungi Gunung Nona untuk menikmati keindahannya sambil beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan ke Toraja, walaupun jalan ke Enrekang yang bisa membuat sobat blogger mabuk darat dengan tikungan 160 derajatnya tapi akan terbayar dengan keindahan yang tersajikan di Gunung Nona. Jika sudah puas dengan keindahan Gunung Nona, sobat blogger bisa melanjutkan perjalanan ke Toraja yang memiliki wisata yang cocok untuk mengabadikan momen di Instagram sobat blogger
Baca Juga: Lolai, Toraja Utara Negeri di atas awan

setelah melihat Gunung Nona akan ada tempat-tempat menarik lainnya yang akan kita ulas untuk sobat blogger.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »