Minuman Es Poteng Makassar

tambahwawasanapasaja.blogspot.co.id
Ada satu lagi minuman yang segar dari Makassar, sobat blogger pernah mencoba Es Poteng? Es Poteng Makassar yang terbuat dari Ubi hasil fermentasi atau lebih dikenal dengan sebutan Tape Ubi.Selain Es pisang ijo yang telah kita bahas sebelumnya Es ini juga menjadi minuman favorite warga Makassar di siang hari. Selain rasanya yang manis-manis asam, Es poteng ini juga sangat segar dengan taburan Es yang diserut dan ditambahkan sirup DHT.

Jika di Makassar disebut Poteng maka di Bandung orang-orang menyebut tape ubi ini dengan nama Peyeum. Ubi yang digunakan sebagai bahan Es Poteng merupakan jenis Ubi kuning. bisa juga menggunakan ubi Putih tapi kualitasnya kurang baik untuk dijadikan  Es Poteng. Selain itu ubi yang digunakan lebih bagus jika baru diambil dari kebun dan langsung dicuci.Selain itu pada saat ditanam Ubi tidak boleh tercampur dari zat-zat pupuk urea saat proses tanam. Untuk melakukan proses fermentasi dibutuhkan waktu selama kurang lebih tiga hari agar ubi benar-benar menjadi tape.
Baca Juga: Es Pisang Ijo Makassar
Untuk penyajiannya Es poteng bisa disajikan di Mangkuk maupun di piring, di daerah Makassar sendiri banyak penjual keliling yang menjajakan Minuman Es Poteng ini, jika tidak punya wadah tenang saja, biasanya Daeng sudah menyiapkan mangkuk. Untuk rasa manis yang didapatkan Minuman Es Poteng disiram sirup DHT dengan taburan Es serut.

Menikmati Poteng juga sangat cocok jika ingin  mencegah terjadinya jerawat selain itu juga bisa meredakan sakit maag jika dikomsumsi tidak berlebihan, jika dikomsumsi secara berlebihan bisa mengakibatkan efek mabuk karena rasanya yang mirip ballo (Arak Makassar).

Jika hanya ingin membeli Potengnya saja banyak penjual yang menjajakan poteng disepanjang Jl.Hertasning Makassar, namun jika ingin membeli minuman Es Poteng yang siap saji bisa didapat dengan harga Rp.5000/Mangkuk sobat blogger sudah bisa merasaakan manis asam segarnya rasa Es Poteng Makasar.

Untuk penyajiannya sendiri cukup mudah, tape yang telah difermentasi dicampur dengan Es serut dan sirup DHT dan siap disantap. Es poteng bisa ditemukan di hampir seluruh kabupaten di Makassar dan mayoritas orang yang menjajakan Es poteng ini berasal dari Takalar dan Gowa. Jika berkunjung Ke Makassar jangan lupa singgah untuk mencicipi Jajanan Khas Makassar ini selain harganya yang terjangkau rasanya juga enak untuk melepas dahaga di siang hari.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »