Pesona Hutan Mangrove Tongke-tongke Kabupaten Sinjai

Gambar Tongke-tongke kabupaten sinjai
tambahwawasanapasaja.blogspot.com
Berkunjung ke kabupaten Sinjai Sulawesi selatan jangan lupa mengunjungi wisata hutan mangrove tongke-tongke yang beberapa tahun ini sedang hitz di media sosial, mengapa dinamakan tongke-tongke? karena wisata hutan mangrove ini terletak di desa Tongke-tongke kecamatan Sinjai timur.

Cara menuju Tongke-tongke
Sobat blogger bisa menempuh perjalanan dari kota Makassar menuju kabupaten sinjai dengan lama perjalanan sekitar 4 jam lebih melalui rute Kabupaten Maros (camba), sobat blogger juga bisa menempuh perjalanan melalui rute Makassar-Gowa-Takalar-Jeneponto-Bantaeng-Bulukumba-Sinjai dengan waktu tempuh 6 jam. Setelah sampai di kota sinjai, sobat blogger cukup melanjutkan perjalanan sejauh 7 km menuju desa Tongke-tongke.

Spot menarik di dalam kawasan hutan mangrove
Tentu saja yang menarik dari tempat ini adalah jembatan kayunya yang panjang dan dikelilingi oleh pohon mangrove yang menjulang tinggi, hamparan laut yang luas juga menambah indahnya pemandangan apalagi ditemani dengan hembusan angin sepoi-sepoi, jika sobat blogger ingin menyusuri hutang mangrove lebih dalam bisa dengan menggunakan perahu yang telah disewakan, di dalam hutan sobat blogger bisa melihat tambak-tambak nelayan, selain itu pengunjung juga dapat melihat keanekaragaman hayati flora dan fauna yang ada di kawasan hutan mangrove yang memiliki luas 173,5 hektar ini. Jangan lupa siapkan kamera sobat blogger untuk mengabadikan gambar wisata hutan mangrove ini :)
Baca Juga: Pantai Siung Yogyakarta yang Indah
Fasilitas yang tersedia
Fasilitas yang tersedia sudah cukup lengkap seperti gazebo untuk beristirahat sejenak, jika ingin membeli oleh-oleh fasilitas toko oleh-oleh telah tersedia, tempat mancing, toilet, mushalla, cafe dan tempat parkir juga telah tersedia. Untuk biaya parkir dikenakan Rp5000 untuk mobil dan Rp2000 untuk motor.

Kekayaan alam hutan mangrove Tongke-tongke
Berbagai jenis kekayaan alam bisa ditemukan di dalam kawasan hutan ini seperti yang telah diterangkan oleh pengelola yaitu terdapat 27 jenis spesies ikan dan 4 spesies udang yang hidup di dalam kawasan hutan mangrove, selain itu juga terdapat burung belibis yang bisa ditemukan di tempat ini.

Bagaimana? tertarik untuk mengunjungi tempat wisata alam ini..



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »