Sanggara Balanda yang Manis Dari Bugis Makassar

Gambar Sanggara Balanda
Sanggara Balanda
Makanan tradisional Sulawesi Selatan yang legendaris ini yaitu Sanggara Balanda yang bahan utamanya terbuat dari pisang. Mengapa disebut sanggara Balanda? karena bahan yang digunakan untuk membuat sanggara Balanda yaitu mentega dan keju yang diperkenalkan oleh Belanda pada jaman kolonial yang merupakan bahan favorite orang-orang eropa.

Makanan tradisional ini bisa menjadi menu dessert sobat blogger karena rasa sanggara balanda yang manis, asin dan gurih, rasa manis didapat dari bahan gula pasir yang dilarutkan bersama air sedangakan rasa gurih didapat dari kacang tanah yang dihancurkan lalu dimasukkan ke bagian dalam pisang selain itu juga terdapat mentega yang menambah rasa gurih asin sanggara balanda.

Sanggara balanda biasa disajikan masyarakat Bugis-Makassar saat perayaan besar seperti acara pernikahan, aqiqah, dan acara keluarga lainnya, namun jaman modern seperti sekarang sanggar balanda sudah bisa ditemukan di penjual kue basah karena cara membuatnya yang cukup mudah apalagi dengan bahan yang mudah ditemukan, tapi setelah membeli sanggara balanda lebih baik jika langsung dimakan karena tidak dapat bertahan lama di suhu yang panas kecuali jika dimasukkan ke dalam lemari es.
Pengunjung juga membacaNikmatnya pisang bolen khas Bandung
Jenis pisang yang digunakan untuk membuat sanggara balanda adalah pisang raja karen jenis pisang ini sangat cocok untuk digoreng, sobat blogger juga bisa menggantinya dengan pisang tanduk karena kedua jenis pisang tersebut teksturnya hampir mirip.

Sudah banyak variasi dari sanggara balanda dengan isian yang beragam seperti sanggara balanda isi milo, keju, nutella dan masih banyak lagi sehingga sanggara balanda ini memang cocok untuk dimodifikasi dan rasanya pasti akan lebih mantap.




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »