Pesona Tersembunyi di Gunung Rinjani

tambahwawasanapasaja.blogspot.com
Gunung Rinjani menyimpan pesona keindahannya yang sangat indah untuk dieksplor, yang menarik dari Gunung Rinjani adalah danau Segera anaknya yang juga menjadi tujuan para pendaki selain puncak gunung Rinjani sendiri.Gunung Rinjadi terletak di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Tepatnya di kota Selong Lombok Timur. mengapa saya merekomendasikan gunung Rinjani sebagai tempat menarik, karena selain pemandangan alamnya yang indah, jalur pendakiannya juga terbilang tidak terlalu sulit, selain itu gunung ini juga menyimpan nilai historis dan kekayaan alam di sekitarnya.

Konon puncak Gunung Rinjani sebagai tempat dari ratu jin yang juga penguasa gunung bersnama Dewi Anjani, istana Dewi Anjani konon terletak di kaldera hitam, menurut warga sekitar istana itu kadang terlihat di kaldera hitam yang terdapat di gunung Rinjani.

Termasuk gunung tertinggi ketiga di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl, kita bisa melihat pemandangan danau segara anak dari puncak gunung, sobat blogger juga bisa mengunjungi danau segara anak ketika ingin menuju puncak gunung, di danau ini kita bisa berendam air hangat, air danau ini mengandung belerang yang tidak terlalu tinggi sehingga aman untuk kulit, sobat blogger juga bisa mendirikan camp dan memancing ikan, terdapat ikan mujair dan ikan mas di danau Segara Anak.

Cara menuju Gunung Rinjani, jika sobat blogger datang dari luar kota, bisa langsung menuju kota selong dari bandara international Lombok, bisa menggunakan kendaraan travel yang dipesan sebelumnya, banyak agen wisata yang bisa sobat blogger pesan menuju gunung Rinjani, sampai di kota Selon teruskan perjalanan sobat blogger ke Pasar Aik Mel lalu ke Sembalun, di sanalah trek pendakian di mulai.

Pos Pendakian terbagi menjadi 4 pos jika memilih jalur pendakian sembalun, menuju pos satu sobat blogger akan melewati padang rumput yang luas dan gersang, persiapkan persediaan air minum sobat.

Tiba di pos 1 akan dilanjutkan perjalanan ke pos 2 dengan ditemani pemandangan alam pepohonan yang bisa digunakan sebagai tempat persinggahan, karena jarak yang cukup jauh untuk tiba di pos 2

Tiba di pos 2, tepatnya dekat jembatan yang menyimpan sedikit mata air, sobat blogger bisa melepas dahaga di tempat ini setelah lelah mendaki di bawah terik matahari, jika ingin bermalam juga bisa karena tempatnya yang cukup nyaman karena menuju pos plawangan akan memakan waktu yang lebih lama lagi.
Baca Juga: Pesona Danau Linow Sulawesi Utara
Menuju Pos Plawangan inilah yang akan menguji kesabaran pendaki karena medannya yang mulai terlihat rumit dengan trek menanjak dan melewati bukit selain itu kondisi tanah kering dengan campuran kerikil bisa membuat pendaki tegelincir jika tidak hati-hati.

Tiba di Pos Plawangan pendaki bisa beristirahat dan mengumpulkan tenaga untuk menuju puncak guung Rinjani, dari pos ini kita juga bisa melihat danau segara anak untuk ke sana bisa turun lembah dari plawangan sekitar 3 jam, tapi sebaiknya teruskan dulu perjalanan ke puncak gunung, karena ketika turun gunung bisa langsung menuju danau segara anak via senaru dengan waktu 3 jam

Menuju Puncak Rinjani dengan trek yang cukup curam dan padang pasir luas yang arahnya tidak menentu menjadi tantangan tersendiri untuk pendaki, selain itu terdapat 2 belokan yang akan dilalaui. Setelah sampai di puncak di sinilah rasa lelah akan terbayarkan dengan keindahan danau segera anak dari atas gunung.

Itulah sedikit informasi mengenai gunung Rinjani, utamakan keselamatan ketika mendaki dan selalu ikuti petunjuk pendakian.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »