Ikan Bakar Mujair Rica dari Makassar

tambahwawasanapasaja.blogspot.com
Ikan bakar merupakan salah satu menu khas yang wajib dicoba jika berkunjung ke Makassar, selain sehat karena tidak digoreng, ikan bakar juga terasa nikmat apalagi bila ditambah dengan bumbu kuning maupun bumbu rica yang pedas.

Kebetulan saya menyantap ikan bakar jenis ikan mujair, yap ikan tawar ini tergolong jenis ikan yang cocok dijadikan menu ikan bakar karena mempunyai tekstur daging yang lembut, rasa ikannya juga tidak terlalu amis, ikan mujair bakar yang disiram dengan bumbu rica membuat lidah terasa bergoyang akibat campuran pedas asin bumbu, selain itu ikan ini juga disajikan bersama sambel terasi yang lesat dan mangga muda yang diparut.

Pasangan yang tepat untuk ikan bakar adalah nasi panas, jika sobat blogger suka bisa mencoba menambahkan perasan jeruk nipis ke dalam sambal terasi yang pedas.
Baca Juga: Pedasnya Mie Naga dari Makassar
Banyak warung-warung di Makassar yang menjual jenis makanan ini, terutama warung Pangkep yang menyajikan ikan bakar bolu dan sop saudara, harganya juga bervariasi, mulai dari Rp25.000-35.000 tergantung jenis ikannya. Untuk harga ikan bakar mujair yang saya pesan seharga Rp.25.000 saja, itupun sudah termasuk dengan nasi satu bakul, sambel terasi, dan mangga parut, murah bukan?

Bumbu rica ikan bakar terbuat dari bawang putih, bawang merah, cabe rawit, kunyit dan kemiri yang diiris kasar lalu di oles ke badan ikan yang sedang di bakar, sobat blogger juga bisa mencoba membuatnya di rumah karena bahannya yang mudah di dapat, untuk cara pembakaran ikannya, lebih baik jika di bakar menggunakan batok kelapa sebagai bahan bakarnya dan jangan membakar ikan hingga terlalu hitam, membakar ikan terlalu gosong bisa mengurangi gizi ikan tersebut dan dapat menimbulkan zat kanker menurut penjualnya. Heehehe.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »